Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Merawat Aki Mobil Golf Car Supaya Awet

Cara merawat aki mobil golf car 

Kali ini saya akan membahas bagaimana cara merawat aki mobil golf car supaya awet dan umur panjang. Aki atau accu (battery) mobil golf, termasuk dalam jenis deep cycle battery (aki industri). Pengertian dari deep cycle battery itu sendiri adalah merupakan jenis aki yang di rancang untuk menghasilkan energi arus listrik yang stabil dan dalam waktu yang lama.

Aki jenis ini memiliki ketahanan terhadap siklus pengisian (charge) dan pelepasan (dischagre) aki yang berulang-ulang dan konstan. Pada umumnya aki mobil golf atau baterai mobil golf ini lebih dikenal dengan aki basah atau sering disebut dengan Flood Lead Acid Battery (FLA).

Hal ini dikarenakan karena di dalam sel-sel aki harus terendam cairan elektrolit agar dapat berfungsi secara optimal. Biasanya untuk mobil golf car banyak menggunakan aki tegangan 6 V (volt), 8 V (volt), dan 12 V (volt), yang di rangkai secara seri pada kendaraan mobil golf anda.

Agar aki mobil golf car milik kita tetap awet dan memiliki umur yang panjang tentunya harus di dukung dengan perawatan dan pengecekan aki mobil golf car itu sendiri. Jika tidak dilakukan perawatan pada aki mobil golf car kita, maka itu dapat menyebabkan aki cepat tekor dan usia umur aki (battery) mobil golf kita menjadi berkurang.

Cara perawatan aki mobil golf car sebagai berikut :

  1. Lakukan pemeriksaan pada kedua kutub terminal aki (battery) mobil golf anda. Apabila terdapat kotoran karat atau korosi, anda dapat membersihkannya dengan menggunakan media air panas yang di bantu dengan sikat kawat atau amplas sampai bersih. 
  2. Dan setelah bersih anda bisa memberikan dan melapisinya dengan gemuk (grease) untuk menghindari terminal aki (battery) menjadi karatan atau korosi.
  3. Lakukan pemeriksaan sambungan masing-masing kabel aki yang biasa dirangkai secara seri di masing-masing terminal aki (battery). jika ada posisi yang kendur atau kurang kencang, segera anda kencangkan baut yang ada pada terminal di masing2 kutub aki mobil golf car anda.
  4. Periksa volume atau air cairan elektrolit pada masing-masing aki (battery) mobil golf car anda. Anda dapat memeriksanya dengan cara membuka tiap-tiap pelindung penutup air aki yang berada di atas aki (battery) mobil golf anda. Pastikan cairan elektrolit berada di antara garis lower dan garis upper.
  5. Bila level cairan elektrolit berada di bawah garis lower maka anda dapat menambahkan segera cairan elektrolit tersebut sampai berada di atas garis lower, dan perlu di perhatikan pada saat pengisian ini jangan sampai melebihi batas garis upper pada aki (battery) mobil golf anda agar tidak terjadi luber dan tumpah. Anda dapat membeli cairan elektrolit ini yang banyak jual di pasaran.
  6. Cek atau pastikan ikatan posisi dudukan aki (battery) mobil golf car anda sudah terpasang dengan kuat, untuk menghindari posisi aki (battery) mobil golf car anda bergeser atau berubah posisi ketika sedang di jalankan atau di kendarai.
  7. Lakukan pengecekan masing-masing voltase aki (battery) mobil golf car anda, dengan alat multitester sesuai dengan tegangan bawaan aki (battery) mobil golf car yang anda gunakan. Tegangan voltase ini tergantung dari battery berapa V (volt) yang anda gunakan, bisa 6 V (volt) , 8 V (volt) atau 12 V (Volt).
  8. Lakukan proses pengecasan (charging) aki mobil golf anda sebelum low. Proses charging mobil golf ini sangat penting agar kondisi aki (battery) mobil golf kita selalu penuh (full) bila kita ingin gunakan. 
  9. Apabila mobil golf car anda lama tidak untuk di gunakan atau di operasikan sebaiknya tetap dilakukan proses charging pada aki (battery) mobil golf car anda untuk menghindari cairan elektrolit pada aki mobil golf car anda menjadi tawar dan tidak asam lagi, yang menyebabkan aki (battery) mobil golf anda menjadi drop.
  10. Jangan gunakan kabel roll berjenis serabut ketika melakukan proses charger (charging) hal ini dapat menyebabkan kabel roll menjadi meleleh dan terbakar. Kami sarankan gunakan kabel tembaga tunggal yang tebal, atau langsung di colok ke stop kontak listrik di tempat anda.
Cara merawat aki mobil golf car supaya awet


Demikianlah tips cara merawat aki mobil golf car dari kami agar usia umur aki mobil golf car anda panjang dan awet serta tahan lama. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan membantu anda. Apabila anda membutuhkan aki (battery) mobil golf car baru, perawatan dan perbaikan mobil golf car, pergantian sparepart mobil golf car maupun mobil golf baru atau bekas.

Bisa segera hubungi kami dengan klik tombol WA atau email di bawah ini :



Berlangganan via Email