Penyebab Mobil Golf Elektrik Tidak Bisa Jalan

Halo sahabat semuanya, kembali lagi dengan kami yang pada kesempatan kali ini kita akan membahas salah satu topik, yaitu penyebab mobil golf elektrik tidak bisa jalan karena beberapa faktor permasalahan berikut dengan solusinya. Oke sebelum kami melanjutkan pembahasan ini, sekiranya anda juga dapat membaca artikel-artikel kami lainnya terkait dengan informasi mobil golf.

Mobil golf tidak bisa jalan memang sangat menyebalkan, ketika pada saat itu kita ingin gunakan dan pakai untuk di kendarai. Apalagi ketika memang mobil golf itu ingin di gunakan untuk acara penting, tetapi pada saat yang bersamaan mobil golf tidak bisa dijalankan untuk di hidupkan. Tentunya apabila terjadi hal seperti itu sudah di pastikan akan menggangu kegiatan acara tersebut, bukan.

Berikut penyebab mobil golf elektrik tidak bisa jalan, yang biasanya kami temukan di lapangan berdasarkan pengalaman kami, yang sudah 5 tahun lebih di bidang industri mobil golf elektrik. Rata-rata penyebab dari mobil golf tidak bisa jalan secara tiba-tiba adalah dikarenakan kurangnya perawatan atau maintenance pada mobil golf itu sendiri atau memang sudah umur dari sparepart tersebut.

Penyebab mobil golf elektrik tidak bisa jalan

Mobil Golf Tidak Bisa Jalan Karena Tombol Switch Tow Run

Iya sebelum kita memastikan mobil golf tersebut tidak bisa jalan karena tombol switch tow run, coba kita perhatikan posisi tombol tulisan switch tow run yang terletak di bawah bangku jok mobil golf yang berdekatan dengan dudukan aki (battery) mobil golf kita. Pastikan tombol swicth tow run itu berada pada posisi run bukan sebaliknya posisi tow.

Dengan kita memposisikan tombol switch ke posisi run berarti kita sudah menghubungkan arus listrik di  sistem kelistrikan mobil golf tersebut. Fungsi dari switch tow run di mobil golf adalah sebagai pemutus dan penghubung arus utama kelistrikan di mobil golf anda. Mungkin bagi sebagaian orang awam, dia tidak akan tahu dari letak posisi switch ini di karenakan posisinya yang tersembunyi di bawah bangku jok mobil golf.

Mobil Golf Tidak Bisa Jalan Karena Sekring Putus

Oke sekring atau nama lainnya fuse yang biasa kita dengar, juga dapat membuat mobil golf tidak bisa jalan karena sekring putus yang disebabkan oleh beberapa faktor. Fungsi dari fuse ini adalah sebagai pengaman listrik dalam rangkaian elektronika maupun perangkat listrik. Manfaat dari fuse ini adalah melindungi komponen elektrikal dari terjadinya kelebihan arus atau hubungan arus pendek (Short circuit).

Anda dapat melihat dan mengecek langsung keadaan sekring (fuse) pada mobil golf anda untuk memastikan apakah fuse tersebut putus atau tidak. Anda dapat menemukan letak posisi fuse tersebut pada wiring harness di kendaraan mobil golf anda. Apabila fuse putus gantilah segera dengan fuse yang baru dengan speksifikasi fuse yang sama.

Kunci Kontak Mobil Golf Tidak Berada Di Posisi On

Iya ini memang terlihat sepele, tapi dengan anda tidak merubah kunci kontak mobil golf ke posisi on ini juga menjadi penyebab mobil golf elektrik tidak bisa jalan. Jangan sampai kita ingin membuat mobil golf tersebut berjalan tetapi posisi kunci kontak masih berada di posisi off. Setelah posisi kunci kontak on lihatlah level indikator battery di mobil golf anda apa berada pada posisi full atau low.

Mobil Golf Tidak Bisa Jalan Karena Aki Battery Yang Sudah Lemah

Mobil golf tidak bisa jalan karena aki battery yang sudah lemah atau drop dapat kita periksa dengan melihat level indikator battery di dashboard mobil golf. Anda dapat melakukan proses pengecasan (charging) aki battery mobil golf anda agar terisi full kembali. Anda dapat melakukan pengecekan dengan alat multitester untuk melakukan pengukuran voltase pada aki battery mobil golf anda.

Pastikan masing-masing voltase aki battery mobil golf anda berada di posisi ideal, sebagai contoh apabila mobil golf anda mempunyai spesifikasi DC Motor 48 Volt dengan menggunakan aki battery 8 Volt sebanyak 6 buah. Maka pastikan masing-masing aki battery mobil golf anda berada di posisi ukuran 8 Volt lebih misalnya 8,3 Volt di alat ukur multitester yang sudah anda periksa.

Selain dari pengkuran voltase aki battery mobil golf anda, coba di perhatikan juga seperti kabel aki mobil golf anda. Patikan semua kabel aki tersebut terhubung secara rangkaian seri dan tersambung dengan kuat di masing-masing kutub aki battery yang ada. Apabila ada salah satu kabel aki terputus atau tidak tersambung ini akan menyebabkan mobil golf elektrik anda tidak bisa jalan.

Carbon brush Dc Motor Mobil Golf Sudah Habis

Carbon brush dc motor mobil golf sudah habis juga menyebabkan mobil golf jadi tidak bisa jalan. Carbon brush dc motor yang habis merupakan kurangnya perawatan dan maintenance berkala pada mobil golf tersebut. Apabila dinamo motor mobil golf ada terbakar akibat gesekan karena carbon brush habis bersiaplah anda mengeluarkan uang untuk membeli DC Motor mobil golf yang baru.

Carbon brush dc motor yang habis biasanya baru diketahui apabila tercium bau sangit terbakar pada 
dinamo motor mobil golf anda ketika sedang dijalankan dan terasa panas ketika dinamo motor tersebut di pegang dengan tangan. Untuk itulah kami menyarankan anda untuk dilakukan service berkala mobil golf agar tidak terjadi hal yang seperti ini.

Motor Controller Unit Mobil Golf Rusak Mati

Motor controller unit mobil golf rusak mati sudah dipastikan membuat mobil golf tersebut tidak bisa jalan. Motor controller unit atau biasa disebut controller mempunyai peranan penting di dalam sistem kelistrikan yang ada di mobil golf. salah satunya adalah controller mobil golf ini berfungsi dan memberi arus agar mobil golf  tersebut berjalan maju atau mundur.

Selenoid Mobil Golf Yang Sudah Lemah Rusak

Selenoid merupakan salah satu sparepart yang ada di dalam kendaraan mobil golf elektrik. Selenoid mobil golf yang sudah lemah rusak dapat mengakibatkan mobil golf tidak bisa jalan. Fungsi selenoid di dalam mobil golf elektrik adalah memberikan arus listrik ke controller dan ke motor ketika posisi kunci kontak berada di posisi On yang biasanya kita dengar dengan bunyi klik dari selenoid tersebut.

Thorttle Position Sensor Mobil Golf Rusak

thorttle position sensor mobil golf rusak ini juga bisa menyebabkan mobil golf tidak bisa jalan. Apabila sparepart ini tidak berfungsi maka kita bisa menjalankan mobil golf kesayangan kita. Sparepart ini terletak di bawah pedal akselerasi pada mobil golf kita. Fungsinya adalah memberitau controller seberapa jauh anda mendorong pedal ke bawah, dan seberapa cepat controller harus membuat dinamo motor (DC Motor) berputar. 

Demikianlah pembahasan kami mengenai penyebab mobil golf elektrik tidak bisa jalan. Semoga apa yang kami sampaikan di atas bisa bermanfaat bagi anda. Apabila anda mempunyai permasalahan yang kami sebutkan di atas, dan anda minim pengetahuan tentang mobil golf elektrik, anda bisa menggunakan jasa service mobil golf yang terpercaya untuk memperbaiki mobil golf elektrik anda. Terima kasih.