Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penyebab Bunyi Kletek Pada Mobil Golf Car

Pernahkah anda mendengar bunyi kletek-kletek ketika mobil golf car anda dijalankan?. Tentunya bunyi ini akan menggangu telinga kita bukan. Bunyi kletek pada mobil golf car di saat kita menjalankanya adalah sesuatu yang tidak normal untuk di dengar.

Pada umumnya mobil golf car mempunyai bunyi yang halus ketika sedang di jalankan, karena mobil ini menggunakan tenaga elektrik yang bersumber dari aki (battery) dan Dinamo motor (DC Motor) sebagai penggerak maju dan mundur dari mobil golf tersebut.

Penyebab bunyi kletek pada mobil golf car

Penyebab bunyi kletek pada mobil golf car bisa disebabkan beberapa faktor. Langka pertama yang harus kita lakukan, kita harus tau dulu dari mana sumber bunyi itu berasal. Tetapi dari hasil pengalaman kami sejauh ini tentang mobil golf car, penyebab bunyi kletek pada mobil golf car biasanya bersumber dari bagian kaki-kaki roda mobil golf, baik kaki roda depan maupun belakang.

Berikut langkah yang harus anda periksa agar bunyi kletek ini hilang ketika anda menjalankan mobil golf car anda.


Penyebab bunyi kletek pada mobil golf car
Bearing Roda Mobil Golf Car

Bunyi kletek yang disebabkan baut roda mobil golf car.

Bunyi kletek yang disebabkan baut roda mobil golf car yang belum benar-benar terpasang secara kencang dan kuat. Baut roda mobil golf ini dapat membuat bunyi kletek ketika posisi baut-baut roda itu tidak terpasang kencang dan kuat pada pemasangannya. Oleh sebab itu hal ini dapat membuat bunyi ketika mobil golf car itu sedang di jalankan.

Anda dapat melakukan pengecekan di keempat buah roda ban mobil golf anda, baik itu di kedua ban roda depan dan kedua ban roda belakang. Dan di pastikan semua baut roda terpasang dengan benar, kencang dan kuat dalam pemasangannya dengan menggunakan kunci roda ukuran bawaan velg mobil golf anda.

Bunyi kletek yang disebabkan bearing.

Bunyi kletek yang disebabkan bearing, bagian ini merupakan komponen dari satu kesatuan yang terletak di bagian kaki-kaki mobil golf car anda.  Fungsi dari bearing ini adalah menjaga agar poros ban (as roda) tidak langsung bergesekan dengan rumah roda. Karat merupakan salah satu penyebab rusaknya bearing.

Hal ini dapat terjadi karena masuknya air ke dalam bearing ketika mobil anda melewati genangan air, atau terkena siraman air ketika sedang mencuci mobil golf car. Sering melewati jalan yang berlubang dan rusak juga dapat menyebabkan bearing menjadi pecah. Bearing roda yang sudah rusak ini yang akan menimbulkan bunyi kletek atau dengung ketika mobil golf anda sedang di jalankan.

Bunyi kletek yang disebabkan bushing.

Bunyi kletek yang disebabkan bushing kaki kaki roda mobil golf car anda yang sudah tipis, retak dan rusak. Fungsi bushing ini adalah untuk menghubungkan arm dangan sasis agar tidak terjadi singgungan antar logam. Umumnya bushing ini menggunakan bahan karet. Anda bisa lakukan pengecekan kondisi karet-karet bushing di kaki-kaki roda mobil golf anda.

Apabila anda sibuk dan tidak punya waktu untuk melakukan pengecekan hal yang kami sebutkan di atas. Anda dapat menggunakan jasa service mobil golf panggilan yang kami sediakan untuk melakukan pengecekan sekaligus perbaikan unit mobil golf di lokasi anda.

Demikianlah artikel dari kami penyebab bunyi kletek pada mobil golf car anda. Semoga artikel ini bermanfaat.

Berlangganan via Email